Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

cara membuat surat lamaran kerja


Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan adalah tujuan utama bagi semua orang.

Dalam menjadi karyawan kerja, pasti pernah mengalami lamaran kerja, hal yang dilakukan pertama bagi pelamar adalah membuat surat lamaran pekerjaan.

Apa itu Surat Lamaran Kerja ?

Surat lamaran kerja merupakan surat yang berisi tentang permohonan untuk bekerja di suatu instansi guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan lowongan kerja

Berikut Ini Adalah Tips Yang Perlu Di Perhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja:

1. Menggunakan bahasa yang  mudah di pahami, singkat, padat, jelas, sopan dan menarik.
2. Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele.
3. Surat lamaran kerja hendaknya ditulis secara manual dan memang anda yang membuat.
4. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja
5. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman.

5. Pastikan surat yang diketik benar dan bersih.

 Itulah tips-tips yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar selanjutnya simak langkah - langkah membuat surat lamaran kerja berikut

Membuat surat lamaran kerja

Langkah - Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran kerja sebenarnya  tidak sesulit yang kita dibayangkan, hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama struktur pembuatannya

 Dalam membuat surat lamaran kerja, harus memiliki struktur berikut ini:

1. Tempat dan Tanggal 

penempatan tempat dan tanggal ditempatkan di pojok kanan atas 

2. Perihal dan Lapiran

• Kata "hal" dan "lampiran" tidak boleh disingkat , seperti lamp.
• Angka yang ada dalam lampiran harus di tulis dengan huruf .

Contoh:

Hal: Pemberitahuan
Lampiran: Empat Lembar

3. Perusahaan Yang Ditujukan / Alamat

Dalam penulisan alamat surat lamaran harus ditulis langsung yang dituju tidak diawali dengan "Kepada"
• Jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu
• Tulisan "Jalan" tidak boleh disingkat
• Alamat yang ditulis disarankan tidak lebih dari 3 baris
• Pada akhir tulisan tidak perlu diakhiri dengan tanda titik

Contoh:

Yth. Direktur CV Multimedia Utama
Jalan M. Yamin Nomor 02, Kalibata
Jakarta

4. Salam Pembuka

Setelah kata "Dengan Hormat" harus menggunakan tanda baca koma ( , ).

Contoh:

 Dengan hormat,
      Berdasarkan.....

 5. Alinea pembuka

Alinea pembuka menggunakan bahasa yang baik dan sopan supaya pihak instasi yang membaca tidak tersinggung

6. isi Surat lamaran kerja

Hal-hal yang terdapat dalam isi adalah:

 a. Identitas
Identitas berisi tentang nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendikan terakhir.

b. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan  adalah alasan pengirim melamar pekerjaan

c. Menyatakan Lampiran
     Lampiran ini berisi syarat-syarat yang terpenuhi yang diminta oleh instansi.
Dalam pembuatannya disetiap rincian harus di akhiri dengan tanda baca titik koma ( ; ) dan di akhir lampiran menggunakan tanda titik ( . ).

Contoh:

1. fotokopi KTP 1 Lembar;
2. pasfoto 3×4 sebanyak 1 lembar;
3. daftar riwayat hidup 1 lembar.

7. Penutup

Di dalam surat lamaran, penutup harus menunjukkan keantusiasan pelamar kepada instansi yang dituju.

contoh:

Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya. Atas perhatiannya dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

8. Salam Penutup

Salam penutup sangatlah penting karena salam penutup sebagai bentuk etika, sopan santun, dan penghormatan

Contoh: Hormat saya.

9. Tanda Tangan dan Nama Terang 

Letak tanda tangan ini berada di pojok kanan bawah surat, lalu di bawahnya tertulis nama lengkap


Contoh:
Hormat saya, 

(Ttd)

Nama lengkap

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh surat lamaran kerja

Itulah beberapa cara dan contoh dalam penulisan surat lamaran kerja yang benar sekian terimakasih.
Jangan lupa share artikel ini siapa tahu bermanfaat bagi orang lain

kode iklan bawah